Kamis, 06 Oktober 2011

perkembangan teknologi penyimpanan data

Perkembangan Teknologi Penyimpanan Data Disc
HD DVD (High-Definition/Density DVD) adalah optical disc yang mempunyai kelebihan untuk menyimpan data dan video high-definition . HD DVD ini diharapkan memperbarui standar DVD format yang sudah diketahui masyarakat. Namun karena standar HD-DVD dengan spesifikasi yang kalah dibandingkan teknologi selanjutnya yaitu Blue Ray dan Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc) maka produsen HD-DVD ini menutup produksinya dan beralih ke teknologi yang baru.
Blue ray disk adalah teknologi penyimpanan data yang mirip dengan DVD yang mana disknya mampu menampung lebih banyak data dibanding DVD. Single-layer Blue ray disk akan menyimpan data lebih dari 27 GB, sedangkan double layer nya mampu menampung data sekitar 50 GB dan juga mampu menyimpan sekitar 4,5 jam video High Definition dan lebih dari 20 jam video standar. Hal ini tentu memungkinkan para pembuat film untuk mendistribusikan film yang mereka buat dengan kualitas video dan audio yang lebih bagus. Nama Blue ray sendiri diambil dari sinar laser berwarna biru yang digunakan untuk membaca disk dengan format baru ini.
Kalau selama ini kita sudah familiar dengan Compact Disc (CD) dan Double Layer Video Disc (DVD), maka sekarang kita dihadapkan dengan tiga perkembangan teknologi terbaru dari kedua media penyimpanan dalam bentuk disc tersebut.

Perbedaan Spesifikasi Teknologi CD,DVD dan Blue Ray
1. CD dan DVD menggunakan laser merah, dengan panjang gelombang 780 nm untuk CD, serta 635-650 nm untuk DVD sedangkan Blue Ray menggunakan laser biru dengan menggunakan panjang gelombang 405 nm.
2. Blue Ray menggunakan 1 sampai 2 layer setiap kepingnya, yang tiap layernya mampu menampung 25 GB data, sehingga maksimum kapasitasnya adalah 50 GB. Pada CD hanya memiliki satu layer saja yang hanya mampu menyimpan 650-700 MB data, sedangkan DVD memiliki 2 layer.
3. Blue Ray mempunyai kecepatan akses 36 MB/s, lebih cepat dibandingkan CD yang hanya 1,2 MB/s dan DVD dengan 11 MB/s.
4. Teknologi Blue Ray sudah diimplementasikan pada Sony Playstation 3, untuk pemakaian pada PC, disc serta playernya dijual terpisah sedangkan CD dan DVD yang bisanya dalam keseharian kita gunakan untuk menyimpan data audio,video dan data lainnya

Belum sempat familiar dengan Blue Ray sekarang kita sudah diberikan pilihan baru untuk media penyimpanan, yaitu Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc). Teknologi ini awalnya dikembangkan oleh Constellation 3D, sebuah perusahaan yang bermarkas di AS yang memiliki laboraturium di Israel dan Rusia.FM Disc sendiri merupakan perkembangan atas penemuan seorang kimiawan Rusia beberapa waktu sebelumnya. yaitu sebuah bahan organis yang bernama "stable photocrome", sebuah bahan bila terkena sinar laser dapat memancarkan cahaya Fluoroscent.


Perbedaan Spesifikasi CD,DVD ,Blue Ray dan Fluorescent Multilayer Disc.
1. Bila CD dan DVD permukaannya tergores, isi data akan sulit dibaca, sedangkan pada FM Disc isinya akan tetap terbaca meskipun permukaannya tergores atau kotor. Hal ini disebabkan sifat cahaya pada FM Disc bersifat incoherent berbeda dengan CD dan DVD yang bersifat coherent.
2. FM Disc memiliki bentuk seukuran dengan CD, DVD, dan Blue Ray Disc (BSD) tetapi transparan, tidak terdapat lapisan mengkilap. FM Disc memiliki lebih banyak layer, yaitu untuk kapasitas 50 GB diperlukan 12 layer dengan kecepatan akses yang pastinya yang sangat cepat melebihi Blue ray dan kecepatan dapat mencapai 1 GB/s
3. FM Disc masih menggunakan laser merah yang hanya mampu menampung sekitar 140 GB data. Dan untuk tahap berikutnya akan menggunakan laser biru dengan panjang gelombang 480 nm, dengan kapasitas super besat hingga mencapai 10 TB (Tera Byte).
Namun kehadiran teknologi baru ini (Blue Ray dan FM Disc) tertunya tidak akan langsung menggusur teknologi yang sudah ada sebelumnya. Hal ini tentunya akan membutuhkan proses yang lama, dapat kita lihat saja sampai sekarang masih ada yang mengunakan Disket. Namun sekarang setidaknya kita memilki banyak pilihan dalam memilih media penyimpanan yang kita butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar